Artikel pengenalan teknologi web berbasis Java baru: Java Server Faces

Apakah teknologi Java Server Faces dan bagaimana gambaran fungsinya untuk aplikasi web berbasis Java?

Setelah Java Server Pages, Sun Microsystem and teman-temannya dari JCP melalui JSR-127 mendefinisikan teknologi baru untuk pemrograman web yaitu Java Server Faces.

Saat penulisan artikel ini teknologi ini belum mencapai spesifikasi final tetapi dalam status Public Review Draft 2 alias sudah mendekati final. Untuk mengerti seperti apakah Java Server Faces, Sun sudah menyediakan contoh implementasi yang disebut JavaServer Faces Reference Implementation EA 4 yang termasuk dalam Java Web Services Developer Pack 1.2 atau 1.3 (yang terbaru).

Teknologi JavaServerFaces dibuat untuk menyederhanakan pembuataan userinterface untuk aplikasi Java di server. Dengan model pemrograman yang terdefinisikan dengan baik dari Java Server Faces, maka developer dari berbagai tingkat kemampuan dapat secara cepat dan mudah membangun aplikasi web dengan menggunakan komponen UserInterface(UI) yang reusable dalam halaman web, menghubungkan komponen tersebut dengan sumber data aplikasi, dan mengkaitkan event yang dihasilkan client dengan event handler di server. Dengan teknologi Java Server Faces, aplikasi web tersebut dapat menangani kompleksitas dari penanganan user interface di server, mengizinkan developer untuk fokus pada kode aplikasi.

Teknologi JavaServer Faces terdiri dari:

- Sekelompok API yang mewakili komponen UI dan mengatur status/kondisi, penanganan event, validasi input, dan mendefinisikan navigasi halaman, serta dukungan internationalization serta aksesbilitas.
- Tag Library untuk Java Server Pages yang mewakili interface Java Server Faces dalam halaman JSP

Teknologi Java Server Faces membuat pemisahan antara logika aplikasi dan tampilan lebih baik lagi dengan disertai kemudahan menghubungkan layer presentasi dengan kode aplikasi.

Jadi kesimpulannya adalah Java Server Faces dapat digunakan bersamaan dengan teknologi JSP untuk menghasilkan user interface dari suatu aplikasi web di mana Java Server Faces memberikan kemudahan yang jauh lebih baik dari JSP dalam menangani layer presentasi dari suatu aplikasi web. Java Server Faces dapat digunakan di Servlet dan JSP Container yang mendukung JSP 1.2 karena JSF ini dibangun di atas teknologi JSP 1.2.

Java Server Faces diharapkan dapat menghasilkan IDE Java yang memiliki kemampuan RAD / drag drop untuk user interface aplikasi web. IDE yang akan menggunakan JSF ini salah satunya adalah Project Rave.

Ingin mengetahui spesifikasi Java Server Faces lebih lanjut? Download spesifikasi Java Server Faces

Bila Anda ingin mencoba Java Server Faces Anda dapat mendownload Java Web Services Developer Pack

Sumber:

Situs resmi Java Server Faces

About these ads

3 Responses to Artikel pengenalan teknologi web berbasis Java baru: Java Server Faces

  1. velarie tijan david says:

    send maklumat tentang java dalam bahasa malaysia

  2. Bergenfieldsportsarena7418$anchor$basketball Betting,final Four,final Four Betting,final Four Gambling,final Four Sports Book,final Four Sportsbook,march Madness,march Madness Betting,march Madness Gambling,march Madness Sports Book,march Madness Spo…

    Bergenfieldsportsarena7418$anchor$basketball Betting,final Four,final Four Betting,final Four Gambling,final Four Sports Book,final Four Sportsbook,march Madness,march Madness Betting,march Madness Gambling,march Madness Sports Book,march Madness Sport…

  3. orang ganteng says:

    sep… bagus untuk PRku yg sekarang ini diberikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: